Company Visit Ke Badan Pusat Statistik

Company Visit Ke Badan Pusat Statistik

Fakultas Komunikasi, Sastra dan Bahasa tepatnya program studi Ilmu Komunikasi angkatan 2017 mengadakan company visit ke Badan Pusat Statistik (BPS) yang berlokasi di jalan Salemba Tengah No.36 – 38, RT.2 RW.4, Paseban, Kecamatan Senen, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Mahasiswa yang mengikuti company visit ini berjumalah 53 orang yang terdiri dari prodi ilmu komunikasi angkatan 2017 dengan konstentrasi public relation maupun jurnalistik.

Acara company visit tersebut diawali dengan sambutan hangat yang diberikan oleh karyawan yang ada di Badan Pusat Statistik (BPS). Pembukaan acara company visit tersebut dimulai pukul 09.00 di gedung 3 lantai 1, acara tersebut dibuka oleh Bapak Brata Sanjaya selaku Kepala Humas  (Kabag Humas) BPS. Acara selanjutnya adalah sambutan dari Ibu Tin Hartini, M. Si selaku Ketua Program Studi (Kaprodi) Ilmu Komunikasi Universitas Islam 45 Bekasi, disela-sela sambutan dijelaskan mengenai konsentrasi jurusan Ilmu Komunikasi dan tujuan dari adanya acara company visit diantaranya untuk menjalin silaturahmi, juga untuk menambah pengetahuan serta wawasan seputar pengelolaan data dan aktivitas kehumasan. Selain itu, juga diharapkan dapat terbangun kerjasama antar institusi.

Acara tersebut selanjutnya dilanjutkan dengan pemaparan beberapa materi yang disampaikan oleh Kahubag BPS yaitu Bapak Brata Sanjaya.

“BPS merupakan badan pemerintan non departemen atau bisa dikatakan BPS itu independen dan bertanggungjawab kepada Presiden, BPS juga mempunyai tugas dan melaksanakan tugas pemerintahan di bidang kegiatan statistik sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan jadi BPS tidak sembarangan dalam menyajikan data,” Ujar Kahubag Brata Sanjaya.

Adapun beberapa materi yang disampaikan tersebut diantaranya tentang profile BPS, susunan organisasi yang ada di BPS, ruang lingkup pekerjaan Humas yang terdapat di BPS, cara BPS mencari, mengolah, menyajikan, dan menyebarkan informasi seputar data, serta memaparkan bagaimana sensus pendudukan online yang akan dilaksanakan pada tahun 2020 mendatang. Sementara itu data yang disajikan oleh BPS terbuka untuk umum dan dapat diakses di www.bps.go.id atau bisa mengunduh aplikasi Allstats.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *